Beberapa Trik Masuk Lucid Dream

Mimpi seringkali muncul begitu saja saat kita tertidur. Kita bahkan nggak sadar jika sedang bermimpi. Dan umumnya, adegan-adegan mimpi itu bersifat acak (tanpa alur yang jelas). Itulah sebabnya kita sering kesulitan saat mencoba mengingat mimpi. Tapi lain lagi halnya jika kalian mengalami lucid dream.

Bagi Kalian yang belum tahu, lucid dream adalah mimpi yang terasa begitu nyata. Semua panca indera kelian berfungsi dengan baik saat bermimpi, dan kalian pun sadar kalau kalian sedang bermimpi. Segala sesuatu yang kalian jumpai di mimpi bisa kalian sentuh, cium, dan rasakan. kalian pun bisa mengatur mimpi kalian sesuka hati. Unik ya? Apa kalian pernah mengalaminya?

Lucid dream merupakan fenomena yang umumnya terjadi secara kebetulan. Tapi kalian bisa mencoba untuk mencicipinya dengan tiga cara berikut.

1. Memonically Induced Lucid Dreaming

Sumber: luciddreamsociety.com

MILD jadi metode yang cocok untuk kalian para lucid dreamer pemula. Metode ini nggak sulit untuk dicoba, meskipun tingkat keberhasilannya nggak terlalu tinggi. Intinya, metode MILD mengajak kalian untuk bersugesti mengenai mimpi yang dinginkan dan apa saja yang bisa kalian lakukan di mimpi tersebut (terbang misalnya). Caranya, kalian harus menjejali pikiran kalian dengan skenario mimpi yang kalian buat. Biar lebih mudah, coba tulis skenario mimpi kalian lalu baca berulang sampai kalian terlelap.

2. Wake Back To Bed

Sumber: wakeupinyourdreams.com

Cara ini lebih sulit dibanding sebelumnya, tapi punya presentase keberhasilan yang lebih tinggi. Syaratnya, kalian harus bisa terbangun setelah tidur 5-6 jam. Rentang waktu tersebut bertepatan dengan fase sebelum terjadinya REM (Rapid Eye Movement) dan mimpi.

Pertama-tama, coba pasang alarm yang akan berbunyi sekitar 5-6 jam setelah kalian tertidur. Kemudian saat terbangun, coba rilekskan tubuh dan pikiran, atur napas agar cepat tenang. Batas waktu maksimal untuk menenangkan diri setelah bangun yakni 20 menit. Jika lebih, lucid dream kemungkinan besar tak akan terjadi.

Setelah tenang, coba imajinasikan mimpi yang kalian inginkan dengan jelas. Di tahap ini, kalian butuh konsentrasi tinggi dan emosi yang stabil sampai berhasil masuk ke lucid dream.

3. Wake Induced Lucid Dreaming

Sumber: luciddreamsociety.com

WILD punya presentasi keberhasilan paling tinggi dibanding dua poin yang sudah dijelaskan. Inilah metode yang paling sulit dan berisiko memicu sleep paralysis (ketindihan)Tapi mengingat tingkat keberhasilannya yang tinggi, metode ini layak dicoba.

Pada detik-detik di saat kalian benar-benar mengantuk, pikiran kalian harus tetap fokus pada skenario mimpi yang diinginkan. Kalian bisa memulai dengan membayangkan berjalan kaki di tepi pantai atau di jalan setapak. Konsentrasi kalian harus tinggi supaya apa yang kalian imajinasikan nggak mudah goyah. Biasanya di tengah proses, kalian akan merasa gelisah dan bahkan bisa mengalami halusinasi jika berpikir yang macam-macam.

Usahakan untuk tetap tenang. Sebab, jika berhasil melewatinya, kalian akan masuk ke tahap lucid dream. Konon katanya, tingkat keberhasilan WILD meningkat saat tidur siang. Coba saja kalau nggak percaya.

Itulah 3 cara untuk mengalami lucid dream. Apa Kalian berminat mencobanya? Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman dan share pendapat kalian di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *